September 28, 2022

Kulon Progo, Kabar Jogja – Tingkatkan pelayanan publik Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo Launching Digitalisasi Pelayanan Kendaraan Bermotor yang diselengarakan di Gedung Uji Kendaraan Bermotor Dinhub, Wates, (18/1/2022).

Hadir dalam acara terebut Bupati Kulon Progo Drs. H Sutedjo, Wakil Bupati Fajar Gegana, Kapolres Kulon Progo, Pimpinan BPD DIY Wates, Kepala Dinhub Kulon Progo beserta jajarannya.

Drs. Lucius Bowo Pristiyanto Kepala Dinas Perhubungan menyampaikan pemberlakuan digitalisasi KIR kendaraan dan pembayaran digital ini merupakan salah satu upaya peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat serta menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

“Esensinya selain untuk mempercepat layanan, juga untuk mendukung clean government tentang persoalan keamanan data, transparansi dan akuntabel,” kata Bowo.

Dijelaskan Bowo, melalui sistem tersebut, teknis pengujian dilakukan secara digital tidak lagi manual, nantinya pemilik kendaraan mendapat Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUE) sebagai bukti lulus uji yang saat ini dalam bentuk kartu berchip yang merupakan produk digitalisasi dari buku KIR.

Selain Blue pemilik kendaraan juga mendapatkan QR code yang dapat dipindai melalui perangkat seluler yang memuat data teknis hasil pengujian. 

Secara otomatis data pengujian juga akan terintegrasi secara nasional dan mengurangi potensi pemalsuan buku uji kendaraan bermotor. QR code tersebut, juga akan ditempelkan di kendaraan untuk memudahkan pendataan.

“Selain KIR digital, kita juga melengkapi layanan KIR dengan proses pembayaran digital, dimana ini melengkapi sistem uji berbasis elektronik dimana pembayaran retribusi KIR melalui menu pembayaran ATM atau uang digital,” imbuh Bowo.

Bowo menambahkan kedepan upaya peningkatan layanan di Dishub akan terus dilakukan, perbaikan sistem pelayanan masih terus diupgrade dan diintegrasikan dengan pihak-pihak terkait, sehingga nantinya akan menjadi satu langkah lebih maju dari sekarang.

“Saat ini kendala kita pada kapasitas lorong uji KIR, dimana tidak bisa memuat kendaraan ukuran besar, sementara masih nunut di kabupaten sebelah, harapannya kedepan bisa ditingkatkan pula,” imbuh Bowo.

Sebagai mitra dalam hal pembayaran digital, Pimpinan BPD DIY Cabang Wates Suroso menyampaikan seiring dengan perubahan perilaku masyarakat yang semakin bergerak ke layanan digital, BPD DIY telah menyiapkan layanan perbankan digital kepada masyarakat dengan nama BPD DIY Digital Banking yang betujuan untuk terus meningkatkan layanan digital di Yogyakarta dan sekitarnya.

“Dengan pemanfaat perbankan digital dapat mewujudkan pembayaran cashless, sehingga akan memudahkan masyarakat dalam hal pembayaran uji KIR menjadi lebih efisien,” kata Suroso.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Drs. H Sutedjo berharap melalui layanan digital dapat memberikan kemudahan dan keamanan dalam pelayanan, hal ini juga membuat percepatan pelayanan kepada masyarakat.

“Sehingga hal ini akan memberikan kemudahan, kelancaran dan kecepatan layanan KIR, kita juga berharap ini bisa menarik para pemilik kendaraan untuk tertib dalam melakukan pengujian,” kata Sutedjo. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.