September 28, 2022

Yogyakarta, Kabar Jogja – Ditengah situasi pandemi saat ini, tak menyurutkan semangat untuk terus belajar mengenai hal-hal baru, seperti yang dtunjukkan oleh para remaja RW 05 Patangpuluhan, Kemantren Wirobrajan, Kota Yogya. 

Puluhan remaja tersebut mulai siang hingga malam hari datang ke Balai RW untuk belajar mengenai digitalisasi yang di inisiasi oleh GMedia. 

Balai RW yang semula hanya digunakan untuk pertemuan warga, kini disulap sebagai co working space yant berisi belasan komputer. 

Untuk diketahui Gmedia adalah adalah perusahaan yang bergerak di bidang internet service provider (ISP). Managing Director Gmedia, Budiyanto mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan berbagai program binaan bagi para remaja di Kota Yogya. 

“Ini program berkesinambungann, jadi tidak berhenti ketika program mereka selesai, pihaknya pun akan melakukan hal yang sama di wilayah lain,” katanya dilokasi, Rabu (15/12/2021).

Selama program tersebut berjalan, lanjutnya, para remaja ini didampangi oleh mentor yang juga mempunyai keahlianya masing-masing. 

“Kami mendatangkan mentor dengan berbagai keahlian, seperti design grafis, android, dan tentang website, jadi para remaja ini dapat memilih mana yang sesuai dengan passion mereka,” ungkapnya. 

Ketua RW 05 Patangpuluhan, Muhammad Singgih Widodo, mengungkapkan rasa syukurnya karena remaja di wilayahnya sangat antusias mengikuti program pelatihan tersebut.

“Alhamdulillah kami tidak menemui kesulitan dalam menjaring remaja, mereka semua sangat antusuas mengukuti program ini, bahkan ada remaja yang berusia 14 tahun sudah tertarik mengikuti program ini,” bebernya. 

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogya, Trihastono sangat mengapresiasi yang telah dilakukan oleh warga masyarakat RW 05 Patangpuluhan, dan Gmedia

“Kegiatan ini memberikan nilai tambah, dimana masyarakat dapat memanfaatkan dan melihat potensi digital, para remaja tidak hanya sekedar menggunakan tetapi juga membangun dasar sehingga dapat mengoptimalkan potensi digital yang ada,” ujarnya. 

Ia pun optimis, nantinya produk digital yang diciptakan oleh para remaja RW 05 tersebut dapat berguna untuk Kota Yogya, dan Indonesia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.