May 26, 2022

Yogyakarta, Kabar Jogja – Bagi warga Kota Yogya maupun warga di luar kota Yogya yang ingin mengetahui berbagai informasi tentang Yogyakarta dapat mengunjungi Perpustakaan Kota Yogya. 

Pasalnya perpustakaan yang terletak di Jalan Suroto no 9 Kotabaru ini menyedikan layanan Aleksa atau Ada Koleksi Lokal Konten Yogyakarta. 

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogya, Nunun Zulaikha mengatakan layanan ini sudah ada sejak tahun 2018 lalu, tujuannya adalah untuk memberikan infomasi kepada khalayak tentang Yogyakarta. 

“Kota Yogya dikenal sebagal kota yang kaya akan nilai sejarah, pendidikan, seni, tradisi, budaya, wisata, karya sastra, arsitektur, serta kulinernya, namun sayangnya tidak semua warga yang tinggal di kota ini, baik warga asli maupun pendatang, tahu dan mengerti beragam informasi tersebut,” katanya, Selasa (11/01/2022).

Hingga saat ini koleksi buku di layanan Aleksa sudah mencapai ratusan, pihaknya mengungkapkan akan terus berupaya untuk menambah buku koleksi tersebut. 

“Aleksa menyedikan koleksi buku-buku yang menyajikan berbagai informasi mengenai Yogyakarta seperti budaya tradisional, sejarah, pariwisata, informasi populer, potensi daerah, arsitektur kota, selain itu kami juga mempunyai buku-buku kuno tentang Yogya yang berbahasa Belanda,” bebernya. 

Bagi warga masyarakat yang ingin mengakses layanan ini, Aleksa berada di lantai dua Perpustakaan Kota Yogya. 

Untuk jam pelayanannya, Perpustakaan Kota Yogya pada hari Senin hingga Kamis buka mulai pukul 09.00 WIB – 15.00 WIB, sedangkan pada hari Jumat buka pukul 09.00 – 14.00 WIB, sementara hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 09.00 WIB -12.00 WIB. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.