May 26, 2022

Sleman, Kabar Jogja – Dalam rangka persiapan pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru (NATARU) 2021, Kepolisian Resor (Polres) Sleman menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021, Kamis (23/12). 

Apel tersebut diikuti pasukan gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub yang berlangsung di halaman Mapolres Sleman.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo memimpin apel secara langsung sekaligus membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, disampaikan bahwa pengamanan akan difokuskan antisipasi pada penyebaran Covid 19 varian jenis B.1.1.529 (Omicron) yang mengakibatkan lonjakan kasus di beberapa negara. 

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dalam operasi lilin tahun 2021 yang akan diselenggarakan selama 10 hari ini akan menyasar sejumlah tempat yaitu Gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia serta melibatkan 177.212 personel pengamanan gabungan.

Sedangkan di Kabupaten Sleman, operasi lilin tahun 2021 ini melibatkan ratusan personel pengamanan gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, PMI, dan Sentra Komunikasi (Mitra Polri) serta menyediakan 2 Pos Pengamanan dan 2 Pos Pelayanan. 

Dalam pelaksanaan pengamanan Nataru ini juga tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah baik pusat maupun daerah. Kebijakan tersebut tentunya menyesuaikan level asessmen di masing – masing wilayah yang nantinya akan menjadi pertimbangan untuk ketentuan pelaksanaan kegiatan masyarakat dan perjalanan pada masa Nataru. 

Pada kesempatan tersebut Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melakukan penyematan pita kepada perwakilan setiap unsur yang terlibat dalam personel gabungan pengamanan sebagai tanda dimulainya operasi lilin tahun 2021. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.