May 26, 2022

Yogyakarta, Kabar Jogja – Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya akan menyiagakan mobile laboratorium untuk keperluan tes acak antigen kepada pengunjung.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan mobile laboratorium tersebut disiagakan di wilayah yang memiliki tingkat aktivitas tinggi saat libur Nataru.

“Kalau di Malioboro sudah sejak beberapa bulan lalu kita sudah melakukan itu, mobil laboratorium ini standby setiap hari Sabtu dan Minggu di depan hotel Mutiara,” ujarnya saat meninjau posko Gumaton, Jumat sore (24/12/2021).

Selain di kawasan Malioboro, lanjutnya, pengecekan acak ini juga akan dilakukan di Alun-alun utara dan Alun-alun selatan. “Mobil-mobil tersebut kita siagakan di wilayah yang memiliki aktivitas yang tinggi ketika libur nataru,” katanya. 

Tak sampai disitu, Pemkot Yogya juga akan melakukan pemeriksaan acak guna memastikan para pengunjung telah mempunyai surat hasil pemeriksaan Covid-19, serta telah di vaksin. 

Pihaknya pun telah bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk membuat posko serta menerjunkan personel di sepanjang Tugu Pal Putih, Malioboro, hingga Keraton Yogya. 

“Para petugas ini nantinya akan membantu agar tidak terjadi kerumunan masa, dan mengingat wisatawan agar selau menerapkan protokol kesehatan terutama pemakaian masker,” bebernya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogya, Agus Arif Nugroho menjelaskan bahwa pihaknya akan mengoptimalkan Area Traffic Control System (ATCS) dengan tujuan agar dapat mengontrol kepadatan lalu lintas meski dari jarak jauh. 

“Terdapat 34 simpang yang sudah terintegrasi dengan ATCS. Simpang-simpang yang telah terintegrasi tersebut adalah simpang yang cukup padat, dengan pengomtimalan ATCS ini, kami dapat dengan mudah mengurai kepadatan kendaraan di tiap-tiap simpang ” jelasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.