May 26, 2022

Pemerintah menargetkan ibu kota negara atau IKN bisa pindah ke Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 2024. Salah satunya adalah bagaimana nasib gedung-gedung pemerintahan di Jakarta saat ini.

Dalam acara Talk Room bertajuk Menghadirkan Romantisisme dan Momen Bersejarah yang Terjadi Seiring Berdirinya Gedung Bappenas dan Geneologi Kementerian PPN/Bappenas dalam Mengembangkan Perencanaan Pembangunan Nasional dari Masa ke Masa”, Sekretaris Menteri Pembangunan Nasional Perencanaan atau Sekretaris Kepala Bappenas Himawan Hariyoga mengatakan Gedung Bappenas di Jakarta nantinya akan menjadi Museum Bappenas. Sebagai pembentuk pembangunan nasional, Kementerian PPN/Bappenas memiliki peran unik dalam membangun peradaban,” kata Himawan Hariyoga dalam acara yang digelar 19-20 April 2022. April 2022

Himawan mengatakan, inisiasi pendirian Museum Bappenas diprakarsai oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas periode 2016-2019 Bambang Brodjonegoro, don. Menurutnya, keberadaan Bappenas menjadi penting karena memberikan kontribusi yang besar terhadap perencanaan pembangunan nasional. Ide pendirian museum kemudian diwujudkan pada tahun 2019 melalui pembentukan Tim Kajian Yayasan Museum yang dipimpin oleh Kepala Biro Humas dan Tata Usaha Kementerian Pembangunan Nasional Silalahide, wt t.

Kantor Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas terletak di tengah poros Jalan Imam Bonjol dan Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Saat ibu kota negara dipindahkan ke Nusantara, lanjut Himawan Hariyoga, gedung-gedung pemerintahan sebenarnya tidak ditinggalkan.

Pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta saat ini sedang mempertimbangkan solusi. Sejumlah pakar juga mengusulkan alih fungsi gedung pemerintahan. Himawan Hariyoga mengingatkan bahwa pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur kemungkinan akan membawa pemerataan ekonomi di Indonesia, sehingga tidak lagi Jawa-sentris.

Leave a Reply

Your email address will not be published.