September 27, 2022

Yogyakarta, Kabar Jogja – Rumah Susun Sederahan Sewa (Rusunawa) Bener yang dikelola oleh Pemerintah Kota Yogyakarta sudah dibuka untuk disewakan kepada masyarakat luas. 

Wisnu Windarto, Kepala Unit Pelaksana (UPT) Rusunawa mengatakan, animo masyarakat untuk menempati Rusunawa ini cukup tinggi.

“Sudah dibuka kesempatan bagi masyarakat Yogyakarta untuk bisa mendaftar sebagai calon penghuni. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 80 orang yang mengambil blanko pendaftaran. Nantinya, calon penghuni masih akan diseleksi kembali” kata Wisnu, Jumat (28/1).

Wisnu menambahkan, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penyewa Rusunawa yang terletak di Kemantren Tegalrejo ini, di antaranya adalah ber-KTP Kota Yogyakarta, sudah berkeluarga, dan berpenghasilan Upah Mininum Regional (UMR).

“Harga sewa per bulan antara Rp 500.000 sampai Rp 600.000. Dalam sekali kontrak jangka waktunya tiga tahun, perpanjangan kontrak hanya bisa satu kali sehingga maksimal menghuni selama enam tahun. Harapannya setiap penghuni mampu meningkatkan kesejahterannya kemudian mendapat tempat tinggal yang lebih baik,” jelas Wisnu.

Harga sewa Rusunawa Bener dipatok lebih tinggi daripada Rusunawa Grha Bina Harapan di Purwokinanti dan Rusunawa Cokrodirjan. 

Perbedaan harga disebabkan beberapa faktor, yakni bangunan yang masih baru, unit yang lebih luas, dan setiap unit sudah dilengkapi dengan furnitur seperti tempat tidur, lemari, meja, dan lainnya.

Rusunawa yang akan disewakan sendiri adalah bangunan Tower II dengan kapasitas 44 kamar dan dua di antarannya dikhususkan bagi penyandang disabilitas. Sementara Tower I saat ini masih dimanfaatkan untuk selter isolasi terpadu pasien Covid-19.

Wisnu berharap pengisian  Rusunawa Bener bisa selesai dalam waktu satu bulan ke depan sehingga ketika ada peresmian dari pihak Kementerian, sudah ada warga yang menempati. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published.