May 26, 2022

Kabar Jogja – Pandemi COVID-19 yang belum usai membuat kebanyakan orang tak bisa keluar rumah dan lebih memilih berbelanja secara online. Maka tak heran, kini semakin banyak penjual yang mencoba peruntungan dengan mulai jualan online di berbagai marketplace, termasuk Blibli.

Terlebih, kini banyak kebutuhan yang bisa dibeli hanya dengan duduk manis di rumah sambil membuka handphone saja. Ibarat kata, barang apapun saat ini bisa Anda dapatkan hanya dengan berbelanja online.

Hal ini jugalah yang membuat banyak orang tertarik untuk berjualan online dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Nah, jika Anda termasuk salah satu orang yang ingin mencoba jualan online, namun bingung memilih barang yang ingin dijual, tak ada salahnya melihat rekomendasi di bawah ini. Apa saja?

1. Sembako dan Kebutuhan Pokok

Salah satu ide barang yang bisa Anda jual secara online adalah sembako dan kebutuhan pokok lainnya. Sebab, masih banyak masyarakat yang enggan untuk keluar rumah atau sekadar ke supermarket untuk berbelanja, karena masih takut dengan pandemi yang belum mereda. Sedangkan, kebutuhan pokok harus tetap dipenuhi setiap hari.

Untuk itu, Anda bisa mencoba ide jualan online sembako, seperti beras, gula, telur, mie instan, tepung, hingga minyak goreng. Apalagi harga minyak goreng yang melambung dan sulit didapatkan membuat masyarakat lebih memilih mencarinya secara online.

Anda juga bisa mencoba berjualan bahan pokok lainnya yang biasa digunakan sehari-hari, seperti sabun mandi, sabun cuci, sabun tangan, pewangi pakaian, hingga pengharum ruangan. Pastikan untuk riset dulu kebutuhan pokok favorit apa yang paling diminati masyarakat, agar bisa cepat terjual, ya!

2. Skincare dan Kosmetik

Ide jualan online selanjutnya yang bisa Anda coba jual adalah skincare dan kosmetik. Untuk para wanita, kedua kategori ini sama pentingnya dengan sembako dan juga barang pokok lainnya.

Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mencoba berjualan skincare, seperti pembersih wajah, serum, pelembab wajah, toner, hingga masker wajah. Carilah brand skincare yang banyak diminati wanita dan memiliki khasiat yang bagus.

Selain itu, Anda bisa menjual produk-produk make up dan kecantikan yang juga banyak diburu wanita. Misalnya saja seperti lipstick, foundation, bedak, blush on, hingga eyeshadow.

3. Perlengkapan Rumah Tangga

Satu lagi ide barang jualan online yang bisa Anda coba adalah menjual perlengkapan rumah tangga. Sama seperti produk pokok lainnya, peralatan rumah tangga juga menjadi barang yang cukup banyak dicari masyarakat.

Terlebih, sekarang banyak bermunculan model-model peralatan rumah tangga yang lebih bagus dan lucu dari sebelumnya. Tak hanya itu, tak perlu berat-berat mengangkat barang, hingga praktis menjadi alasan banyak orang yang kini mencari perlengkapan rumah tangga.

Selain digunakan secara fungsional, perlengkapan rumah tangga juga kini menambah estetika sebagai aksesoris di dalam rumah. Tengok saja bagaimana banyak orang yang membedah ruangan atau kamar mereka menjadi lebih estetik dengan berbagai barang, seperti sprei lucu, bed cover berbagai motif dan warna, lampu unik, rak susun minimalis, dan masih banyak lagi.

4. Makanan dan Minuman

Selain kebutuhan pokok, makanan dan minuman juga menjadi barang yang bisa Anda jual dan banyak diminati di e-commerce. Bisa dikatakan, bisnis makanan dan minuman pun sering dilakukan oleh pengusaha pemula.

Selain banyak diminati dan pasarnya luas, makanan dan minuman juga menjadi produk jualan online yang laku setiap hari. Ditambah, dengan jasa kurir yang kini bisa instan dan langsung dikirim, membuat penjualan makanan dan minuman kini semakin mudah.

Ada banyak jenis makanan dan minuman yang bisa dijual, serta tengah naik daun, seperti makanan beku yang bisa disimpan lama di dalam freezer. Jika tak mau repot membangun brand awareness atau brand makanan dari awal, Anda juga bisa menjadi reseller atau dropshipper pada produk yang sudah dikenal. Hal ini membuat Anda mendapat keuntungan berlipat dibanding membangun bisnis sendiri dari awal.

5. Produk Kesehatan

Pandemi COVID-19 yang belum mereda di dunia, termasuk Indonesia, membuat masyarakat kini harus ekstra hati-hati, tetap menerapkan protokol kesehatan, dan menjaga tubuh mereka agar tetap fit. Sebab, kesehatan ini menjadi hal utama yang harus dijaga oleh masyarakat agar tidak terpapar virus atau jatuh sakit.

Hal ini pulalah yang bisa dijadikan ide oleh pengusaha untuk berjualan online. Berbagai produk kesehatan kini sangat diincar banyak orang, seperti masker dan vitamin.

Produk lainnya yang juga cukup diburu masyarakat adalah hand sanitizer, termometer, eximeter, hingga alat pengukur tekanan darah. Anda bisa menjual produk tersebut dengan berbagai ukuran dan harga yang sewajarnya.

6. Produk Bayi dan Anak

Selanjutnya, produk bayi dan anak juga menjadi barang yang banyak diminati oleh masyarakat. Banyak orang tua yang kini memilih membeli kebutuhan bayi secara online, karena harganya yang lebih murah dan praktis.

Beberapa produk bayi dan anak yang cukup laris, antara lain mainan bayi, perlengkapan mandi, perlengkapan tidur, popok, dan baju. Ada pula beberapa makanan khusus bayi yang laris manis diincar konsumen, sehingga hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis selanjutnya.

Bagaimana, sudah menentukan barang apa yang ingin Anda jual secara online?

Leave a Reply

Your email address will not be published.