September 26, 2022

Yogyakarta, Kabar Jogja- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta terus berupaya untuk meningkatkan minat baca bagi warga masyarakat Kota Yogyakarta, salah satunya dengan layanan perpustakaan keliling Monika atau Mobil Internet dan Perpustakaan Kewilayahan. 

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha mengatakan layanan Monika merupakan fasilitasilayanan perpustakaan mobil keliling berbasis teknologi informasi.

“Mobil Monika berisi berbagai bahan pustaka dan seperangkat teknologi informasi, mobil ini juga terkoneksi jaringan internet,” katanya. 

Nunun mengungkapkan dengan adanya layanan mobil keliling Monika ini mampu memenuhi kebutuhan literasi informasi dengan mudah. 

“Selain itu kemampuan literasi masyarakat menjadi lebih berkembang, dan ter-update, layanan ini juga gratis,” katanya, dikutip dari situs resmi Pemkot Yogyakarta.

Dalam sehari mobil berwarna oren ini mampu membawa 650an buku. Mulai buku sejarah, sains, umum, hingga anak-anak. 

“Di Monika para membaca juga dapat memanfaatkan layanan internet gratis menggunakan laptop. Selain itu, juga bisa membaca buku atau bermain bersama,” ujarnya. 

Meski begitu, selama membaca, pembaca juga harus menaati protokol kesehatan. Pembaca wajib memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. “Kami juga selalu melakukan sterilisasi buku yang sudah dibaca,” ujarnya. 

Pihaknya membeberkan jika setiap hari layanan perpustakaan keliling Monika ini berubah ubah. Layanan ini mendatangi masyarakat empat kali dalam sehari, biasanya di tempat fasilitas umum. 

“Setiap hari kita mengoperasikan dua unit mobil, jam operasionalnya untuk hari Selasa hingga Kamisbyakni pukul 08:30 WIB hingga pukul 11:30 WIB, dan pukul 12:30 WIB hingga pukul 15:00 WIB,” jelasnya. 

Sementara untuk hari Jumat mulai pukul 09:00 WIB hingga pukul 11:00 WIB, dan pukul 12:30 WIB hingga pukul 14:00 WIB. 

“Sedangkan hari Sabtu dan Minggu, jam operasionalnya berbeda, yakni mulai pukul 08:00 WIB hingga pukul 11:00 WIB,” ujarnya. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published.