May 26, 2022

Yogyakarta, Kabar Jogja – Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) Yogyakarta saat ini miliki unit usaha baru, yakni Pertashop Gembira Loka Zoo. 

Peresmian beroperasinya Pertashop GL Zoo dihadiri KGPAA Paku Alam X,  dan Ketua Yayasan GL Zoo, GBPH Yudhaningrat, Senin (28/3/2022) ditandai pengisian pertamax dan dexlite di mobil milik kebun binatang tersebut.

Unit usaha baru Pertashop GL Zoo ini dibangun di kawasan kebun bintang, tepatnya  di pintu barat  Jalan Veteran Yogyakarta. 

“Pertashop GL Zoo ini merupakan inovasi dan satu-satunya unit pertashop di Indonesia, yang berada  di kawasan objek wisata,” kata Direktur Utama GL Zoo, KMT A. Tirtodiprojo.

Pria yang akrab disapa Joko ini menjelaskan unit usaha baru ini dikelola CV. Mandara Putra Sadhana, yang merupakan anak perusahaan PT. Buana Alam Tirta (GL Zoo). 

Beroperasinya fasilitas pengisian BBM mandiri, selain sebagai wahana maupun kendaraan operasional GLZoo, juga dibuka untuk umum. 

“Awalnya ide pembangunan unit usaha Pertashop GL Zoo ini didasari kebutuhan BBM bagi wahana maupun kendaraan operasional GL Zoo, agar selalu terpenuhi dan tidak membutuhkan jarak yang terlalu jauh. Sehingga dapat menghemat banyak waktu dan ketersediaan BBM selalu terjamin,” katanya.

Dijelaskan bahwa kebun binatang yang dikelolanya memiliki fasilitas wahana darat dan air untuk melayani pengunjung. 

Wahana darat dimaksud seperti ATV, kereta keliling, sedangkan  wahana air seperti speedboat dan kapal katamaran yang dioperasikan di danau buatan Mayang Tirta. 

“Didukung  meningkatnya grafik jumlah pengunjung, tentunya wahana tersebut butuh pasokan BBM yang tidak sedikit perharinya,” sebut Joko.

Selain wahana, lanjut Joko,  ada juga kendaraan operasional GL Zoo, seperti mobil pemasaran, truk sampah, truk penyiram (air), mobil patroli, dan lainnya yang menambah kebutuhan persediaan BBM tiap harinya. 

“Pada masa pandemi saat ini dibutuhkan inovasi yang berguna  membantu operasional GL Zoo, supaya lebih efektif dan efisien,” kata Joko.

Direktur pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga (PPN) Mars Ega Legowo mengatakan berdirinya Pertashop GL Zoo ini akan lebih mendekatkan layanan BBM bagi masyarakat. 

“Ini juga  juga memungkinakan di sentra nelayan, petani yang  yang butuh BBM,” katanya.

Senada,  Paku Alam X berharap dibukannya Pertashop GL Zoo ini bermanfaat bagi internal maupun eksternal GL Zoo yang menggunakan BBM. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published.