May 25, 2022

Pergerakan penumpang pesawat terus meningkat jelang Lebaran. Jumlah tersebut mendekati jumlah penumpang sebelum pandemi!

Tahun 2019 bisa sekitar 1.200 penumpang per hari, sekarang menjadi 900 penumpang. Diperkirakan bisa mencapai 1.200 hingga 1.300 penumpang per hari menjelang Lebaran,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Soekarno-Hatta.

Dengan bertambahnya jumlah penumpang, sejumlah maskapai telah mengajukan permintaan untuk mengoperasikan penerbangan tambahan. Selain itu, operasional bandara telah dioptimalkan dari 12 jam menjadi 18 hingga 24 jam untuk mencegah peningkatan penumpang.

Diprediksi, mudik tahun ini akan membuat hingga 8,9 juta orang pulang dengan pesawat, atau sekitar 10 persen dari total mereka yang kembali, sementara 85,5 orang kaya diperkirakan akan meninggal.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan apresiasi kepada masyarakat yang mengikuti anjuran pemerintah untuk pulang lebih awal agar tidak terlalu padat saat peak season, 20 April 2022.

Lalu lintas penumpang di Bandara Soekarno Hatta dulu sekitar 400 penumpang per hari. Namun dalam dua hari terakhir meningkat menjadi 900 penumpang per hari. Pemanfaatannya mendekati 100 persen. Artinya, rekomendasi pulang lebih awal sudah dilaksanakan,” jelas Menhub.

Menteri Perhubungan mengungkapkan, dirinya sempat menanyakan sejumlah penumpang alasan pulang lebih awal. Penumpang yang sengaja pulang lebih awal mengatakan, selain menghindari kepadatan di hari-hari sibuk, harga tiketnya juga lebih murah,” kata Menhub.

Leave a Reply

Your email address will not be published.