May 26, 2022

Yogyakarta, Kabar Jogja – Kuliah di perguruan tinggi negeri merupakan idaman setiap calon mahasiswa dari SMA, SMK atau MA. Ada beberapa jalur yang dapat ditempuh untuk mewujudkan hal itu melalui jalur SNMPTN, SBMPTN atau Seleksi Mandiri. 

Pendaftaran SNMPTN tahun 2022 sudah dibuka pada 14 Februari dan ditutup 28 Februari 2022. Pengumuman kelulusan jalur SNMPTN akan diumumkan pada 29 Maret 2022 pukul 15.00 WIB. 
UNY menerima pendaftaran mahasiswa baru melalui ketiga jalur tersebut dengan kuota SNMPTN 20 %, SBMPTN 40 % dan Seleksi Mandiri maksimal 30 %.
Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Margana, para calon mahasiswa lebih baik memilih UNY sebagai tempat studi lanjut karena UNY merupakan kampus kerakyatan, dimana mahasiswa yang kuliah di sini meliputi dari kalangan bawah, menengah hingga atas dengan uang kuliah terjangkau. 
Selain itu lulusannya memiliki daya adaptasi yang tinggi sehingga dimana saja bisa menyesuaikan. “Oleh karena itu kami punya tagline UNY Wae, atau dalam bahasa Indonesia berarti UNY saja” kata Margana. 
Bahkan dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka UNY memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah 20 sks diluar kampus asal. 
Kepala Kantor Layanan Admisi UNY Dr. Setya Raharja mengatakan bahwa UNY telah melakukan kegiatan Sosialisasi dan Promosi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2022 pada Kepala Sekolah, Guru BK dan siswa di beberapa daerah seperti Cirebon, Cilacap, Madura dan sebagainya. 
Menurutnya UNY menyediakan 60 program studi S1 yang dapat dipilih calon mahasiswa, meliputi 37 program studi kependidikan dan 23 program studi non kependidikan. “Para calon mahasiswa yang eligible diseyogyakan segera mendaftar SNMPTN untuk menghindari penumpukan pada akhir masa pendaftaran” katanya. 
Program studi dengan peminat tertinggi untuk Jalur SNMPTN Saintek adalah Teknik Sipil dengan daya tampung 13 orang dan animo 633, Pendidikan Teknik Informatika 12 orang dan animo 560, Pendidikan Matematika 24 orang dan animo 518, Teknologi Informasi 12 orang dan animo 510 serta Matematika 24 orang dan animo 419. 
Sedangkan untuk jalur Soshum prodi Manajemen diminati oleh 3631 orang dengan daya tampung 72, PGSD 1837 orang berdaya tampung 72, Ilmu Komunikasi 1830 orang berdaya tampung 54, Psikologi 1422 orang berdaya tampung 36 dan Akuntansi 1303 orang berdaya tampung 36. 
Proses SNMPTN dan UTBK-SBMPTN ini dilakukan secara nasional oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bagi 125 PTN di seluruh Indonesia. 
Persyaratan untuk mendaftar jalur SNMPTN tahun 2022 adalah siswa SMA/SMK/MA kelas XII pada tahun 2022, memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan masing-masing PTN, siswa SMA sederajat tersebut masuk kedalam siswa yang eligible atas keputusan Kepala Sekolah, memiliki NISN dan terdaftar di PDSS, memiliki nilai rapor semester 1 hingga 5 yang telah diisikan di PDSS, dan memiliki akun LTMPT. 
Ketentuan pilihan program studi bagi pendaftar SNMPTN 2022 yaitu setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN. Namun jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/SMK/MA asalnya. 
Jika memilih satu program studi dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun dan disarankan tidak lintas minat. Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan skema Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published.