September 27, 2022

Gunungkidul, Kabar Jogja – Hujan disertai angin kencang melanda wilayah Kapanewon Panggang, Semanu dan Patuk di Kabupaten Gunungkidul sekitar pukul 08.00 WIB, Selasa (22/2). 

Kejadian tersebut dilaporkan kepada BPBD Gunungkidul oleh beberapa masyarakat dan komunitas di wilayah tersebut. 

Respon cepat dilakukan oleh BPBD Gunungkidul untuk melakukan kaji cepat serta respon cepat bersama masyarakat.

Melalui keterangan tertulis dari BPBD DIY, berdasar citra radar yang diterima dari Stasiun Meterorologi Yogyakarta – BMKG pada update 06.20 sebagian besar wilayah gunungkidul terpantau cerah berawan dan menunjukkan pergerakan awan menuju ke timur, namun pada 07.10 radar menunjukkan pergerakan awan ke arah barat dan sebagian besar wilayah timur Gunungkidul terpantau berawan hingga hujan.

BMKG mengeluarkan peringatan dini pada pukul 07.52 untuk sebagian besar wilayah Gunungkidul yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Kejadian angin kencang pada pagi ini mengakibatkan korban luka, kerusakan rumah, bangunan, pohon tumbang, tiang litsrik tumbang. 

Kejadian ini juga mengakibatkan terhambatnya lalu lintas diakibatkan pohon tumbang serta pemadaman listrik di beberapa wilayah untuk sementara waktu. 

BPBD bersama masyarakat dan relawan bahu membahu untuk melakukan respon cepat dengan assessmen dan kerja bakti pembersihan lingkungan. 

Mengingat banyaknya wilayah yang terdampak, maka didirikanlah Posko lapangan serta melakukan pendampingan kepada aparat desa untuk mengaktifasi posko di masing-masing kalurahan. 

Hingga saat ini belum ada laporan adanya korban meninggal akibat kejadian tersebut. 

Data sementara yang sudah dihimpun per 14.00 WIB sudah tercatat sebanyak 527 rumah rusak dari ringan, sedang hingga berat, dan data tersebut masih bergerak.

BPBD DIY memberikan dukungan penanganan dan bantuan logistik serta peralatan untuk mendukung respon cepat penanganan angin kencang di Gunungkidul. 

Selain lositik yang telah di siagakan di BPBD Kabupaten Gunungkidul, hari ini juga di dorong kebutuhan lositik dan peralatan yang masih dibutuhkan diantaranya family kit, tikar, selimut, terpal, paket kebersihan, angkong, sekop, senggrong, peralatan sekolah hingga kid ware box. 

Kepala BPBD DIY Drs. Biwara Yuswantana, M.Si. turut serta untuk menyerahkan bantuan tersebut sekaligus meninjau langsung kondisi lapangan. 

Kehadiran kepala BPBD sebagai bentuk kehadiran pemerintah atas musibah yang menimpa wilayah Gunungkidul serta mempercepat dan mempermudah pengambilan keputusan yang harus dilakukan setelah kejadian ini. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published.