May 26, 2022

Kepolisian Resor (Polres) Bogor, Jawa Barat memprediksi arus lalu lintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor akan padat pada hari kedua Lebaran 2022 atau Selasa (3/5).

Trennya sendiri menuju Jalur Puncak sebagai destinasi wisata, sehingga peningkatan volume arus akan terjadi pada hari kedua Lebaran 2022,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Montag kepada Antara (diposting 5/2/2022).

Ia meyakini, jalur penghubung Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur ini tidak banyak digunakan sebagai jalur mudik, melainkan sebagai jalur wisata libur lebaran 2022.

“Saat ini ada kebijakan pemerintah mengenai ‘satu arah lalu lintas’ di jalur Cikampek-Jawa, yang pasti akan berdampak di sini, jadi kami masih memiliki staf yang siaga,” terangnya.

Dalam operasi Ketupat yang dilakukan untuk mengamankan libur Mudik, Arus Balik dan Lebaran 2022, Polres Bogor dan dinas terkait mengerahkan 2.000 personel untuk melakukan pengawasan di seluruh wilayah Bogor.

Tidak ada teknik di hari pertama lebaran

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasvarjana mengatakan, pihaknya tidak menggunakan rekayasa lalu lintas pada hari pertama Idul Fitri 2022, baik sistem satu arah maupun sistem ganjil genap di Jalur Puncak.

Karena masyarakat di Puncak banyak yang bersilaturahmi, hari ini kami mengutamakan masyarakat lokal untuk menjalin silaturrahmi dengan keluarga masing-masing di kawasan Puncak,” ujarnya.

Ganjil genap di hari kedua lebaran

Ketut menjelaskan, Polres Bogor berencana memberlakukan sistem ganjil genap pada hari kedua Idul Fitri 2022. Pemeriksaan plat nomor ganjil genap AKAN dilakukan di Simpang Gadog, Ciawi, Bogor.

Kami melihat adanya peningkatan arus kendaraan, besok pagi kami akan kembali mengajukan permohonan kendaraan ganjil genap menuju kawasan Puncak. Pelaksanaannya dimulai pagi hari,” jelas Ketut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.