May 25, 2022

Sejumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor kerap salah mengambil jalur saat melintasi pertigaan Jalan Arteri dengan jalur menuju Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat atau H+3 pada momen arus balik Lebaran 2022.

Kapolres Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan para pengendara sepeda motor sering salah arah karena tidak melihat rambu lalu lintas atau lelah dalam perjalanan.

“Setelah dituntun ke jalan yang benar, kami tanya kenapa, katanya tidak bisa konsentrasi, mungkin lelah,” kata Kusworo, Jumat (6/5) dari Kecamatan Cileunyi, Posko Barat Kabupaten Bandung.

Dia mengatakan itu adalah risiko keamanan. Pasalnya, saat sepeda motor memasuki jalur GT Cileunyi, kendaraan roda empat tersebut melaju cukup kencang.

Banyak pengendara sepeda motor yang naik di jalur kiri saat mendekati pertigaan GT Cileunyi dari arah timur. Karena kendaraan roda empat melaju lebih kencang di jalur tengah.

Namun, pertigaan menuju GT Cileunyi berada di jalur kiri, sehingga pemudik yang menggunakan sepeda motor sering terbawa arus ke jalur kiri menuju GT Cileunyi. Karena itu, Kusworo juga mengingatkan pemudik untuk memperhatikan rambu-rambu lalu lintas khususnya di kawasan Persimpangan Cileunyi.

Kemarin kami tambahkan, mungkin tidak banyak tetapi staf kami disiagakan oleh kelompok untuk mengatur lalu lintas, “katanya.

Selain itu, ia juga menghimbau kepada pengendara untuk istirahat yang cukup sebelum berkendara. Karena jika lelah, pengemudi bisa kehilangan konsentrasi saat mengemudi.

“Bagi pemudik atau pengendara yang lelah, sebaiknya jangan dipaksakan, khawatir bisa berdampak pada kecelakaan lalu lintas, sehingga silakan untuk singgah di rest area atau pos pengamanan kami,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.