September 28, 2022

Yogyakarta, Kabar Jogja – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya melaksakan vaksinasi untuk anak 6-11 tahun, percepatan vaksinasi ini terus dilakukan, salah satunya untuk mendukung persiapkan dilaksanakannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen. 

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, Lana Unwanah mengungkapkan vaksinasi yang dilakukan di Graha Pandawa ini adalah vaksinasi tahap ke dua. 

“Ini adalah vaksinasi tahap ke dua untuk anak usia 6-11 tahun, untuk dosis pertama sudah kami ikutkan kick off tingkat DIY tanggal 18 Desember 2021 lalu,” katanya, Kamis (20/01/2022).

Lana mengungkapkan untuk vaksinasi pertama pada anak hingga saat ini capaiannya mencapai 32 ribu dari target 41 ribu.

“Sementara untuk total yang divaksin hari ini adalah 1500 anak,” bebernya. 

Sasaran vaksinasi anak di Kota Yogya tidak hanya warga Kota Yogyakarta saja tetapi juga siswa warga luar daerah yang bersekolah di Kota Yogyakarta.

“Vaksinasi yang kami lakukan itu berbasis sekolah, Jadi selain warga Kota Yogya kami juga memvaksin anak anak yang bersekolah di Kota Yogya meskipun mereka bukan warga Kota Yogya,” jelasnya. 

Saat ditanya tentang kejadian pasca imunisasi atau KIPI yang dialami anak, Lana mengungkapkan hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan tersebut. 

“Harapan kami, semua pihak bisa mendukung program vaksinasi anak ini, baik orang tua, keluarga, dan sekolah,” katanya. 

Pada vaksinasi anak kali ini, vaksin yang digunakan adalah jenis vaksin Sinovac.  

“Vaksin Sinovac ini hanya diperuntukkan untuk anak-anak. Sedangkan orang dewasa diarahkan menggunakan vaksin jenis lain,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.