May 26, 2022

Dua prajurit TNI Yonarhanud 10/ABC Kodam Jaya menggagalkan aksi perampokan yang dilakukan sembilan orang di kawasan Pasar Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada dini hari Sabtu (5/7/2022). Kesembilan orang tersebut diduga berusaha merampok kedua tentara tersebut.

 

Dua prajurit rapuh TNI adalah Prada Junior Noval dan Prada Ardian Sapta Savela. Awalnya mereka ingin pulang setelah berbelanja kebutuhan sehari-hari di Pasar Kebayoran Baru.

 

Dalam perjalanan pulang ke Batalyon Arhanud 10/ABC Bintaro Jakarta Selatan, Prada Junior dan Prada Ardian dengan sepeda motor tiba-tiba digotong keliling SMPN 29 Jakarta Selatan oleh sembilan orang dengan tiga sepeda motor.

 

“Anggota kami pulang dari berbelanja kebutuhan sehari-hari secara tradisional dengan sepeda motor ketika dalam perjalanan pulang beberapa orang mencoba menyerang, kemungkinan besar mereka akan melakukan penculikan terhadap anggota kami,” kata Komandan Batalyon Arhanud 10/ABC Letnan Kolonel Arh Syarief S.B. dalam keterangannya, Senin (5/9/2022).

 

Prada Junior dan Prada Ardian yang diserang tanpa sebab, melakukan perlawanan dengan menendang salah satu sepeda motor pelaku, hingga menabrak sepeda motor kedua tentara tersebut hingga terjungkal.

 

Saat pelaku terjatuh dari sepeda motor, kedua tentara tersebut berbalik untuk melawan. Alhasil, salah satu pelaku berhasil ditangkap, sedangkan pelaku lainnya kabur.

 

Pada awal aksi, kesembilan perampok diduga berada di bawah pengaruh minuman keras atau miras.

 

Pelaku yang ditangkap berinisial MRH (22) merupakan warga Pesanggrahan, Bintaro, Jakarta Selatan. MRH telah diserahkan ke polisi Kebayoran Baru untuk dimintai pertanggungjawaban atas tindakannya dan kasus-kasus pengadilan lebih lanjut sedang menunggu.

 

Sebagai seorang pemimpin, Syarief menghargai tindakan bawahannya.

 

Ini adalah contoh tindakan yang harus diharapkan prajurit TNI untuk menjaga keamanan masyarakat, termasuk dari tindakan kriminal di jalanan,” katanya.

 

Lebih lanjut dia mengimbau keterbukaan untuk tidak takut melaporkan kejadian serupa.

 

Semoga ini menjadi contoh yang baik dan kita menghimbau agar berpikiran terbuka untuk tidak takut melapor bila ada yang melakukan tindak pidana,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.