September 26, 2022

Yogyakarta, Kabar Jogja – Hujan deras dan angin kencang mengakibatkan baliho, tiang listrik dan pohon tumbang di sekitar jalanan di Yogyakarta pada sore tadi (Kamis 3/2/2022). 

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB dan evakuasi dilaporkan masih berjalan hingga malam hari.

Petugas dari Unit Lantas Polsek Depok Timur, Sat Samapta Polres Sleman, Dit Samapta dan Dit Lantas Polda DIY serta dibantu oleh petugas BPBD Sleman mengevakuasi di area Jalan Padjajaran hingga depan ruko Casa Grande. 

Peristiwa tersebut mengakbiatkan, baliho berukuran lk 5 x 8 m roboh di Jl. Padjajaran (utara jalan) Condongcatur Depok Sleman tepatnya timur perempatan UPN depan kantor pos Mancasan Condongcatur Depok Sleman yang menimpa tiang listrik. 

Kemudian, tiang listrik roboh di Jalan Pajajaran (selatan jalan) Timur perempatan UPN tepatnya di Jl. Amarta yang mengakibatkan kabel listrik menghalangi jalan, pohon Munggur yang roboh menimpa kabel lampu penerangan jalan dan menghambat arus lalu lintas di depan Ruko Casa Grande pugeran Maguwoharjo Depok Sleman. 

Lalu asrama Polsek Depok Timur yang ditempati Kapolsek Depok Barat terdapat pohon petai tumbang yang menimpa dapur dan garasi mobil yang mengakibatkan kaca lampu mobil depan sebelah kiri pecah dan atap  bangunan sebagian rusak.

Kabidhumas Polda DIY, Kombespol Yuliyanto, S.I.K., M.Sc., kepada pewarta menuturkan bahwa tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. 

Petugas yang terjun dilapangan berupaya mengatur kelancaran lalu lintasdengan mengalihkan arus kendaraan yang melalui jalan yang tertutup kabel listrik dan pohon, serta mengevakuasi pohon tumbang dan baliho serta tiang listrik yang roboh.

“Sampai saat ini kami bekerja sama dengan BPBD Sleman berupaya untuk mengevakuasi baliho, tiang listrik dan pohon tersebut guna menormalkan arus lalu lintas. Dikarenakan peristiwa tersebut terjadi dijalan utama, kami alihkan arus lalu lintasnya agar arus pengendara tetap bisa berjalan”, tutur Yuliyanto.

“Untuk informasi terakhir pohon dan tiang listrik sudah  di evakuasi, sehingga arus lalu lintas sudah berangsur normal dan arus listrik Sebagian sudah bisa menyala. Namun, untuk evakuasi baliho sampai saat ini masih kami upayakan”, imbuh Yuliyanto. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published.