September 24, 2022

Sleman, Kabar Jogja – Pemerintah Kabupaten Sleman, melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman menggelar program Merdeka Belajar melalui Kegiatan Peminatan Khusus Siswa, Selasa (22/2), di SMPN 4 Pakem. 

Acara tersebut dibuka oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, secara simbolis dengan pemukulan gong.

Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana, menerangkan bahwa kegiatan peminatan khusus siswa tersebut dilaksanakan melalui 6 cabang peminatan, yaitu seni tari, story telling, konten kreator, desain grafis, voli putra dan voli putri. 

Jumlah siswa yang mengikuti program tersebut ada sebanyak 170 orang. Menurutnya kegiatan ini telah mulai dilaksanakan di wilayah masing-masing pada tanggal 24 Januari sampai dengan 19 Februari Tahun 2022. 

Kemudian pada tanggal 22 Februari ini pelaksanaannya dipusatkan di SMPN 4 Pakem

“Ini merupakan hasil seleksi dari berbagai satuan pendidikan di Kabupaten Sleman yang dibagi didalam empat wilayah, yakni wilayah utara, timur, barat dan tengah. Kemudian pelatihan ini menghadirkan para pelatih yang kompeten di setiap wilayah,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila dengan 6 dimensi, yaitu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia berwawasan global, kemandirian, gotong royong dan kreatif. 

Selain itu, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk mengembangkan serta menumbuhkan rasa percaya diri bahwa setiap individu mempunyai kemampuan yang berbeda dengan orang lain.

Sementara Bupati Sleman, Kustini, mengatakan Pemerintah Kabupaten Sleman akan terus mendukung kegiatan tersebut demi mencetak generasi muda yang cerdas dan kreatif. 

Menurutnya, pada prinsipnya setiap anak memiliki minat masing-masing. Maka hal ini menurutnya perlu didukung dan difasilitasi sehingga kemampuan anak bisa berkembang dengan optimal.

“Mencetak generasi muda yang cerdas dapat tercipta dengan adanya dukungan dari semua elemen,”kata Kustini. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published.