June 25, 2022

Warga To’bulo, Dusun Padang Lebane’, Lembang Gasing, Kecamatan Menkendek, Tana Toraja terkesima. Dengan munculnya benjolan berwarna putih yang menyerupai buih. Dengan bentuk yang unik.

Informasi dari warga sekitar menyebutkan, busa atau gumpalan berwarna putih itu muncul sejak Rabu 8 Juni 2022. Hari ini dia terlihat lagi di beberapa sawah.

Warga mengklaim, busa yang memiliki bentuk unik itu muncul di pagi hari. Saat matahari terbit, buih putih menghilang bersamanya.

Kehadiran buih putih yang belum diketahui penyebabnya menjadi daya tarik sejumlah warga dan mahasiswa. Mereka mengabadikan momen unik tersebut dan kemudian mengunggahnya ke media sosial.

Menurut warga setempat, buih itu muncul di titik di mana seharusnya ada mata air kecil. Saat buih ini muncul, warga mengaku tidak ada hujan. Juga tidak ada noda sabun atau benda yang bisa menimbulkan busa.

Menurut ticker prakiraan BMKG Makassar, Re’kun Matandung kepada SuaraSulsel.id, jika dilihat dari bentuknya, benda tersebut menyerupai busa.

Tapi tidak mendung,” kata Re’kun Matandung kepada SuaraSulsel.id, Kamis, 9 Juni 2022.

Adapun penyebabnya, Rekun menduga kemungkinan berasal dari limbah di sekitar persawahan atau sungai. Ini tidak ada hubungannya dengan awan.

Ketika muncul di pagi hari, biasanya embun. Tapi embunnya tidak sepadat gambar yang selama ini beredar,” kata Re’kun.

Untuk mengetahui penyebab fenomena ini, Prakiraan Re’kun Matandung mengatakan masih berkoordinasi dengan pejabat BMKG lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.