September 28, 2022

Yogyakarta, Kabar Jogja – Atas prestasinya meraih Wahana Tata Nugraha (WTN) pada tahun 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya diberikan kado satu unit bus sekolah dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) 

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan kado tersebut akan dijadikan sebagai titik awal pengembangan bus sekolah. 

“Pasalnya Pemkot Yogya selama ini belum mempunyai bus sekolah dengan model elf seperti ini,” katanya saat mengecek langsung fasilitas kendaraan tersebut di Balaikota Yogya, Senin (14/2/2022).

Walikota mengungkapkan armada ini akan difokuskan untuk mengantar jemput siswa Sekolah Dasar (SD), untuk tata kelola bus ini akan dialihkan dari Dinas Perhubungan (Dishub), ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogya. 

“Sekarang kita fokuskan untuk anak SD dulu. Jadi orangtua cukup mengantar pada satu titik tertentu, kemudian anak-anak dijemput dan diantar keliling ke beberapa sekolah. Dengan ini akan sangat membantu para orangtua,” katanya.  

Meski begitu, bus sekolah ini belum bisa difungsikan dalam waktu dekat, salah satu kendalanya adalah jumlah kapasitas bus tersebut hanya bisa digunakan sebanyak 20 siswa. 

“Sementara ini kami fungsikan untuk melayani pengunjung Taman Pintar. Untuk menjemput siswa yang akan melakukan kunjungan. Selain itu juga fasilitas ke museum lainnya dan perpustakaan di Kota Yogya,” bebernya. 

Orang nomor satu di Kota Yogya ini pun mempersilahkan bagi sekolah-sekolah yang akan meminjam bus tersebut dapat melalui Disdikpora Kota Yogya.

Sekretaris Dishub Kota Yogya Golkari Made Yulianto menjelaskan bahwa pihaknya pun tidak menyangkan akan mendapatkan hadiah bus sekolah tersebut.

“Kami mendapatkan WTN pada tahun 2019, hadiah ini sampai kantor kami pada February 2021 lalu, mereka (Kemenhub) datang tiba-tiba di kantor kami dengan membawa bus tersebut,” bebernya.

Untuk kelayakannya, pihaknya pun telah melakukan uji coba sebelumnya, dan hasilnya kendaraan ini sangat layak dijadikan bus sekolah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.