September 28, 2022

Yogyakarta, Kabar Jogja – Pemerintah Kota Yogyakarta berupaya mengantisipasi sebaran virus Covid-19 varian Omicron melalui penyemprotan desinfektan di beberapa ruas jalan utama di Kota Yogyakarta, Senin (21/2). 

Sejumlah ruas jalan yang menjadi sasaran penyemprotan desinfektan, antara lain Jalan Suroto, Jalan Sudirman, Jalan Margo Utomo, Kawasan Malioboro dan Titik Nol. 

Desinfektan yang digunakan adalah berbasis Chem Cleaner CC41 yang efektif membasmi virus Covid-19 dan aman terhadap pernafasan. 

Asisten Kesejahteraan Rakyat Sisruwadi, seusai menggelar rapat koordinasi di Ruang Nakula, Kompleks Balaikota Timoho, Yogyakarta mengatakan meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta yang dipicu dengan kehadiran varian baru Omicron yang perlu segera diantisipasi.

“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah melakukan penyemprotan desinfektan di jalan-jalan utama kota Yogyakarta,” katanya. 

Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut antara lain Kepala BPBD, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta beserta jajarannya dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta.

Lebih lanjut dijelaskan Sisruwadi bahwa desinfektan yang digunakan adalah desinfektan berbasis Chem Cleaner CC41 yang efektif membasmi virus Covid-19 dan aman terhadap pernafasan, kulit,tangan dan tubuh bagian luar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat menjelaskan ruas jalan yang akan disemprot cairan desinfektan antara lain Jalan Suroto, Jendral Sudirman, Jalan Margo Utomo, Malioboro dan Titik Nol.

Kegiatan penyemprotan menggunakan empat mobil dengan rincian satu mobil kecil yang bertugas menyemprot lingkungan jalan di Balaikota dan tiga mobil yang melakukan penyemprotan di ruas jalan utama Kota Yogyakarta. 

Penyemprotan di ruas jalan utama menggunakan satu mobil rescue, satu mobil penyemprot desinfektan dan satu mobil yang membawa 10.000 liter air.

Mobil semprot kecil mengawali penyemprotan dari Air Mancur Balaikota kemudian bergerak ke barat dan ke utara selatan kemudian menyisir jalan-jalan yang ada di dalam Kompleks Balaikota. 

Sedangkan untuk penyemprotan di ruas jalan utama Kota Yogyakarta dilakukan oleh satu mobil rescue yang bertugas menginformasikan adanya kegiatan penyemprotan kemudian mobil penyemprot desinfektan di belakangnya dan mobil pembawa air di paling belakang. 

Rute penyemprotan dimulai dari depan Balaikota kemudian ke barat menuju Jalan Suroto, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro hingga ke Titik Nol Kilometer. Selain penyemprotan desinfektan, pihaknya juga melakukan pengasapan di SMPN 8 Yogyakarta. 

Selama pandemi belum berakhir diharapkan masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksin dosis 3 (booster) agar terhindar dari Covid-19. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published.