September 28, 2022

Sleman, Kabar Jogja – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menanam bibit pohon buah sawo di MI Muhammadiyah Al Muttaqien, Caturharjo, Kapanewon Sleman, Sleman. Kegiatan tersebut dalam rangka penanaman perdana bibit buah “Kebun Pendidikan”. yang diadakan oleh MI Muhammadiyah Al Muttaqien.

Dalam sambutannya, Kustini mengapresiasi kegiatan penanaman bibit buah tersebut. Menurutnya program tersebut akan mengajarkan siswa untuk peduli lingkungan sejak dini. Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat mengenalkan anak dengan dunia pertanian dan jenis buah-buahan.

“Dengan adanya kegiatan ini, anak tidak hanya belajar bagaimana caranya menanam bibit buah, tapi juga belajar merawatnya,” kata Kustini.

Senada dengan hal tersebut, Ana Miftakhur Rachmah, Kepala MI Muhammadiyah Al Muttaqien, menyebutkan bahwa kegiatan ini  bertujuan untuk menambah wawasan siswa tentang pertanian. Hal ini dianggap perlu, sebab kebanyakan siswa merupakan anak petani dan tinggal di daerah yang banyak lahan pertaniannya.

“Dan di sekolahan ini kan ada lahan kosong sekitar lima ribu meter, ya kita manfaatkan untuk berinovasi menanam bibit buah. Agar anak-anak kenal dengan buah lokal,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ada sebanyak 65 bibit buah lokal yang ditanam pada acara tersebut. Diantaranya buah Duwet, Duku, Mundung, Matoa, Nanas Madu, Pisang, dan lainnya. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published.