September 28, 2022

Orang-orang bersenjata melawan empat umat Katolik selama prosesi keagamaan di Burkina Faso utara. Insiden itu terjadi sehari setelah seorang pemimpin agama Katolik dan lima umat paroki dibantai, kata pejabat gereja Selasa, 14 Mei 2019.

Sebuah parade keagamaan yang membawa patung Perawan Maria sedang bergerak melalui kota Ouahigouya pada hari Senin, 14 Mei, ketika sekelompok teroris mencegat prosesi tersebut, menewaskan empat jemaah dan membakar patung itu,” kata juru bicara thedra Ouagadougou.

Para penyerang menghentikan prosesi di kantor berita AIB Burkina Sea Faso.

“Mereka melepaskan anak-anak di bawah umur, mengeksekusi empat orang dewasa dan menghancurkan patung itu,” lapor media, mengutip seorang penduduk setempat.

Paul Ouedraogo, ketua Konferensi Waligereja Burkina Faso dan Niger, mengatakan pada pertemuan para uskup di ibu kota Ouagadougou bahwa empat orang tewas dalam serangan itu.

Pembunuhan itu terjadi sehari setelah saksi mata mengatakan sekelompok 20 hingga 30 pria bersenjata masuk ke sebuah gereja Katolik di Dablo, juga di wilayah utara Burkina Faso. Kemudian mereka menembak lima umat paroki dan seorang imam.

Para penyerang membakar sebuah gereja, beberapa toko dan sebuah kafe kecil sebelum melanjutkan ke pusat kesehatan, yang mereka jarah, kemudian membakar kendaraan kepala perawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.